Prediksi Kisi-kisi Ulangan Tengah Semester Genap
Biologi Kimia Kelas X dan XI.IPA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas : X1-X2
Bentuk Soal : 25 PG dan 5 Essay
Waktu : 120 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator Soal
|
|
3.1.
Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis,
ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
|
Keanekaragaman hayati pada tingkat: Gen, Jenis & Ekosistem
|
Mendeskripsikan
keanekaragaman spesies
|
|
3.2.
Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan
usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
|
Pembagian daerah fauna
Indonesia menurut Walece dan Weber
|
Mendeskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia
|
|
Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia Berbagai peranan keanekaragaman
hayati bagi manusia
|
Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia
|
||
Konservasi /perlindungan keanekaragaman hayati meliputi: In-situ, Ex-situ
|
Membedakan pelestarian in-situ dan ex-situ
|
||
Contoh bentuk
pelestarian melalui in-situ
|
|||
3.3.
Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan
dan peranannya bagi kelangsungan hidup di Bumi
|
Ciri umum Dunia Tumbuhan
|
Mendeskripsikan ciri umum Dunia Tumbuhan
|
|
Klasifikasi tumbuhan
|
Menyebutkan tumbuhan yang termasuk
ke dalam Plantae
|
||
Divisi tumbuhan lumut (Bryophyta) meliputi:
Ciri-ciri umum Bryophyta
|
Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan lumut
|
||
Struktur tubuh Bryophyta
|
Menentukan bagian-bagian struktur tubuh lumut berdasarkan pengamatan
|
||
Siklus hidup Bryophyta
|
Menjelaskan siklus hidup tumbuhan lumut
|
||
Contoh dan Peranan Bryophyta
|
Menyebutkan contoh lumut dan perananya bagi manusia
|
||
Divisi tumbuhan paku (Pteridophyta) meliputi:
Ciri umum tumbuhan paku
|
Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku
|
||
3.3.
Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan
dan peranannya bagi kelangsungan hidup di Bumi
|
Struktur tubuh tumbuhan paku
|
Menyebutkan bagian tumbuhan paku
berdasarkan pengamatan
|
|
Siklus hidup tumbuhan paku
|
Menjelaskan bagian
siklus hidup (perkembangan) paku
|
||
Menggambar bagan alir siklus hidup tumbuhan
paku homospora
|
|||
Peranan tumbuhan paku
|
Menyebutkan peranan/
manfaat paku bagi manusia
|
||
Divisi bagi manusia tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
Ciri umum tumbuhan berbiji
|
Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji
|
||
Klasifikasi tumbuh berbiji
|
Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji
|
||
Menentukan penggolongan
tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri yang teramati dari data hasil
pengamatan
|
|||
Ciri-ciri, klasifikasi,
contoh dan peranan Gymospermae
|
Memberikan contoh
tumbuhan yang termasuk Coniferae (Gymonspermae)
|
||
Ciri-ciri, klasifikasi
contoh dan peranan Angiospermae meliputi monokotil dan dikotil
|
Menyebutkan salah satu
perbedaan antara tumbuhan monokotil dan dikotil berdasarkan daun dan akarnya
|
||
Mengelompokan tumbuhan
dikotil
|
|||
Mengelompokan tumbuhan
monokotil berdasarkan ciri-ciri melalui pengamatan gambar
|
|||
Siklus hidup
Angisopermae
|
Menjelaskan pembuahan
ganda pada sikus hidup tumbuhan biji tertutup
|
||
Menentukan
perkembangbiakan vegetatif tumbuhan berbiji tertutup melalui gambar
|
|||
Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji
|
Menentukan nama bagian-bagian bunga tumbuhan berbiji tertutup
|
||
Peranan tumbuhan berbiji bagi manusia
|
Menyebutkan peranan tumbuhan berbiji bagi
manusia
|
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas : X2-X7
Bentuk Soal : 20 PG dan 5 Essay
Waktu : 120 menit
Standar Kompetensi :
3. Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi
4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator Soal
|
|
3.1 Mengidentifi-kasi sifat larutan non
elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan
|
o Larutan elektrolit dan
non elektrolit
|
o Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit
|
|
o Menyebutkan contoh larutan elektrolit
|
|||
o Jenis larutan
berdasarkan daya hantar listrik
|
o menentukan larutan elektrolit dan non elektrolit
berdasarkan data hasil percobaan.
|
||
o Menjelaskan penyebab
kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik.
|
|||
o Jenis larutan
elektrolit berdasarkan jenis ikatan
|
o Mendeskripsikan bahwa
larutan elektrolit dapat berupa senyawa kovalen
|
||
o Mendeskripsikan bahwa
larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion
|
|||
3.2
Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi reduksi dan
hubungannnya dengan tatanama senyawa serta penerapannya
|
o
Konsep oksidasi-reduksi
|
o Memberikan contoh
konsep oksidasi-reduksi ditinjau dari
penggabungan dan pelepasan oksigen
|
|
o
Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion
|
o Menentukan
bilangan oksidasi unsur dalam suatu senyawa
|
||
o Menentukan rumus senyawa jika unsur-unsur diketahui
bilangan oksidasinya
|
|||
o Menentukan reaksi reduksi-oksidari dalam persamaan
reaksi kimia
|
|||
o Menentukan senyawa yang berperan sebagai reduktor
dalam redoks
|
|||
o Menentukan hasil oksidasi dalam redoks
|
|||
o
Tatanama
senayawa berdasarkan Bilangan Oksidasi
|
o Memberi nama senyawa menurut aturan IUPAC.
|
||
o
Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah linhkungan
|
o
Mendeskripskan konsep larutan elektrolit dan konsep
redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.
|
||
4.1 Mendeskripsikan kekhasan
atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon
|
o
Kekhasan atom karbon
|
o
Menjelaskan salh satu kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.
|
|
o
Atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner
|
o
Membedakan atom karbon primer, sekunder, tertier dan
kuarterner.
|
||
4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon
berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa
|
o
Alkana, alkena dan alkuna
|
o
Mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan bentuk rantai karbon
|
|
o
Menjelaskan perbedaan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhannya
dan memberikan contohnya
|
|||
Anda dapat men-DOWNLOAD kisi-kisi dan soal dengan meng-KLIK tautan berikut:
KISI-KISI DAN SOAL UTS GENAP BIOLOGI KELAS X
KISI-KISI DAN SOAL UTS GENAP KIMIA KELAS X
KISI-KISI DAN SOAL UTS GENAP KIMIA KELAS XI.IPA
makasihh bpkk,,,,,,,,,,,,,
BalasHapusya,,sama2,, bljar yg sungguh2..
BalasHapus