Kurikulum terbaru menuntut guru
untuk kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, sehingga mampu mengoptimalkankan
kemampuan siswa. Perlu dibuat rancangan pembelajaran dan lembar kerja yang
kontenya sangat baik guna merangsang otak anak berfikir logis dan sistematis.
Kami menysusn worksheet untuk pelajaran biologi dengan tema ekosistem.
Worksheet ini mengajak siswa untuk mampu
menalar, memprediksi, membuat grafik, menganalisis dan memecahkan
masalah ekosistem berdasarkan data dan fakta yang ada.
Bagaimana pendapat kamu tentang
hipotesis keseimbangan alam? Akankah rusa dipulau tersebut lebih baik, lebih
buruk, atau tidak berubah tanpa pemberian serigala.
Berikut Lembar Kerja (Worksheet)
Ekosistem: Pengendalian Populasi oleh Predator Alami
Baca juga :
RUSA DAN HARIMAU
Pendahauluan
Pada tahun 1970 populasi rusa di
hutan pada suatu pulau yang luasnya 518 kilometer persegi berjumlah 2000 ekor.
Meskipun pada pulau tersebut memiliki banyak tumbuhan sebagai makanan rusa,
namun karena populasi yang berlebih membuat tumbuhan sebagai makanan menjadi
terbatas. Akibatnya menyebabkan sejumlah rusa mati kelaparan. Kondisi pulau
yang jauh dari pemburu semakin membuat peningkatan populasi rusa tidak terkendali, sehingga pihak
berwenang membawa serigala sebagai predator alami untuk mengendalikan rusa.
Program ini diharapkan populasi rusa akan kembali normal dan menjaga rusa agar
tetap sehat karena serigala sebagai predator akan memangsa rusa yang paling
lemah.
Tahun 1970 dimulailah program
tersebut dengan membawa sepuluh serigala
menuju pulau tersebut. Hasil program itu, diperlihatkan oleh tabel di bawah
ini. Perubahan populasi dihitung dari rusa lahir dikurangi rusa yang mati
selama setahun. Isilah kolom terakhir setiap tahunnya!
Tahun
|
Populasi Serigala
|
Populasi Rusa
|
Rusa Lahir
|
Rusa Termangsa
|
Rusa Mati Kelaparan
|
Perubahan Populasi Rusa
|
1971
|
10
|
2.000
|
800
|
400
|
100
|
+300
|
1972
|
12
|
2.300
|
920
|
480
|
240
|
………
|
1973
|
16
|
2.500
|
1.000
|
640
|
500
|
………
|
2974
|
22
|
2.360
|
944
|
880
|
180
|
………
|
1975
|
28
|
2.224
|
996
|
1.120
|
26
|
………
|
1976
|
24
|
2.074
|
836
|
960
|
2
|
………
|
1977
|
21
|
1.948
|
788
|
840
|
0
|
………
|
1978
|
1
|
1.896
|
766
|
720
|
0
|
………
|
1979
|
19
|
1.862
|
780
|
760
|
0
|
………
|
1980
|
19
|
1.882
|
790
|
760
|
0
|
………
|
1. Gambarkan grafik populasi rusa
dan populasi serigala pada papan grafik berikut. Gunakan pensil/pulpen dengan
warna berbeda untuk menggambarkan grafik populasi keduanya.
Tabel Populasi Rusa dan Serigala |
Analisa Grafik:
1. Jelaskan apa yang terjadi pada
populasi rusa dan serigala antara tahun 1971 dan 1980?
2. Apa yang terjadi jika pada
pulau itu belum dilakukan program pengendalian rusa dengan serigala?
3. Kebanyakan buku pelajaran
biologi menjelaskan bahwa pemangsa dan mangsa berada pada suatu keseimbangan.
Namun berdasarkan grafik di atas dan bebrapa ahli menentang hipotesis ini
dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
a. Mengapa kematian oleh predator
lebih baik dibandingkan mati dengan kelaparan?
b. Bagaimana seseorang dapat menentukan
kapan suatu ekosistem seimbang?
c. Apakah predator hanya memangsa
hewan yang tua atau sakit saja? Bukti apa untuk menjelaskannya?
0 Komentar