STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
UJIAN NASIONAL TAHUN 2016
NO.
|
INDIKATOR KELULUSAN
|
MATERI AJAR
|
KELAS AJAR
|
|
BAB
|
Sub-BAB
|
|||
I
|
KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN EKOLOGI
|
|||
Siswa
mampu memahami dan menguasai:
|
||||
1
|
Ciri- ciri mahluk hidup dan
perannya dalam kehidupan
|
Animalia,
Plantae, Fungi, Protista, Bacteria
|
Peranan
Animalia, Plantae, Fungi, Protista, Bacteria
|
X
|
2
|
Tingkat keanekaragaman hayati (gen,
jenis, ekosistem)
|
Keanekaragaman
Hayati
|
Macam-macam
Keaneragaman
|
X
|
3
|
Ekosistem
|
Ekosistem
|
Interaksi,
Aliran Energi (jaring-jaring makanan)
|
X
|
Siswa
mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
|
||||
4
|
Dasar-dasar pengelompokan makhluk
hidup
|
Keankeragaman
Hayati (Animalia, Plantae, Fungi, Protista, Bacteria)
|
Sistem
Klasifikasi pada Animalia, Plantae, Fungi, Protista, Bacteria
|
X
|
5
|
Perubahan lingkungan
|
Lingkungan
|
Perubahan
Lingkungan oleh Manusia
|
X
|
6
|
Daur biogeokimia
|
Ekosistem
|
Daur
nitrogen, daur karbon, daur fosfat
|
X
|
Siswa
mampu menggunakan nalar dalam:
|
||||
7
|
Percobaan pengelompokan makhluk
hidup
|
Keanekaragaman
hayati (Animalia, Plantae, Fungi, Protista, Bacteria)
|
Sistem
Klasifikasi pada Animalia, Plantae, Fungi, Protista, Bacteria hasil
pengamatan
|
X
|
8
|
Perubahan lingkungan dan dampaknya
|
Lingkungan
|
Dampak/kerugian
perubahan lingkungan, kerusakan lingkungan
|
X
|
II
|
STRUKTUR DAN FUNGSI MAKHLUK HIDUP
|
|||
Siswa
mampu memahami dan menguasai:
|
||||
9
|
Struktur dan fungsi pada tumbuhan
tinggi
|
Jaringan
Tumbuhan
|
Struktur
akar, batang pada dikotil dan monokotil
|
XI.IPA
|
10
|
Struktur dan fungsi pada manusia
dan hewan vertebrata
|
Jaringan
Hewan
|
Struktur
jaringan epitel, ikat, otot, saraf
|
XI.IPA
|
11
|
Bagian-bagian sistem organ pada
manusia dan fungsinya
|
Sistem
Organ
|
Organ-organ
pada sistem organ (organ pernafasan, organ pencernaan, organ peredaran darah,
organ ekskresi, organ reproduksi, koordinasi/hormonal)
|
XI.IPA
|
12
|
Gangguan-gangguan pada sistem tubuh
manusia
|
Sistem
Organ
|
Penyakit-penyakit
pada sistem organ pernafasan, pencernaan, organ peredaran darah, organ
eksresi, organ reproduksi,.
|
XI.IPA
|
Siswa
mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
|
||||
13
|
Mekanisme kerja sistem organ
|
Sistem
Organ
|
Mekanisme
kerja otot, pembekuan darah, inspirasi-ekspirasi, imunitas, pembentukan
urine, sistol-diastol, rangsang saraf.
|
XI.IPA
|
14
|
Pengaruh gangguan/serangan penyakit
pada mekanisme kerja organ
|
Sistem
Organ
|
Penyakit
yang disebabkan mekanisme di atas yang terganggu.
|
XI.IPA
|
Siswa
mampu menggunakan nalar dalam:
|
||||
15
|
Gangguan/penyakit berdasarkan uji laboratorium
|
Sistem
Organ
|
Albuminuria,
diabetes mellitus (Ekskresi), Anemia, DBD (Sirkulasi).
|
XI.IPA
|
16
|
Percobaan tentang faktor eksternal
|
Pertumbuhan
dan Perkembangan Tumbuhan
|
Percobaan
pembuktian faktor-faktor eksternal (Suhu, cahaya, air)
|
XII.IPA
|
17
|
Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
|
Pertumbuhan
dan Perkembangan Tumbuhan
|
Faktor-faktor
pertumbuhan. Internal: Hormon
Eksternal:
suhu, cahaya, air
|
XII.IPA
|
III
|
BIOMOLEKULER DAN BIOTEKNOLOGI
|
|||
Siswa
mampu memahami dan menguasai:
|
||||
18
|
Struktur dan fungsi sel
|
Sel
|
Struktur
dan fungsi sel
|
XI.IPA
|
19
|
Susunan RNA, DNA, dan kromosom
|
Substansi
Genetika
|
Perbedaan
DNA, RNA, dan struktur DNA, RNA, Kromosom
|
XII.IPA
|
20
|
Metabolisme sel
|
Metabolisme
|
Fotosintesis,
Respirasi Sel
|
XII.IPA
|
21
|
Bioteknologi
|
Bioteknologi
|
Prinsip
penggunaan bioteknologi, Agen biologi dan produknya.
|
XII.IPA
|
Siswa
mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
|
||||
22
|
Transpor membran
|
Sel
|
Transpor
aktif (pompa Na/K, endositosis, eksositosis) dan pasif (difusi dan osmosis)
|
XI.IPA
|
23
|
Enzim
|
Metabolisme
|
Sifat
kerja enzim
|
XII.IPA
|
24
|
Mekanisme reaksi katabolisme dan
anabolisme
|
Metabolisme
|
Reaksi-reaksi:
Reaksi terang, reaksi gelap, glikolisis, siklus Krebs, karboksilasi
oksodatif, transfer elektron.
|
XII.IPA
|
25
|
Reproduksi sel
|
Pembelahan
sel
|
Mitosis
dan meiosis
|
XII.IPA
|
26
|
Sintesis protein
|
Substansi
Genetika
|
Urutan/proses
sintesis protein
|
XII.IPA
|
27
|
Dampak bioteknologi
|
Bioteknologi
|
Kerugian
bioteknologi
|
XII.IPA
|
Siswa
mampu menggunakan nalar dalam:
|
||||
28
|
Percobaan tentang transport membran
|
Sel
|
Percobaan
Osmosis
|
XI.IPA
|
29
|
Percobaan metabolisme sel
|
Metabolisme
|
Percobaan
Ingenhouz, Percobaan Katalase hati
|
XII.IPA
|
30
|
Percobaan bioteknologi
|
Bioteknologi
|
Percobaan
pada bioteknologi modern
|
XII.IPA
|
IV
|
GENETIKA DAN EVOLUSI
|
|||
Siswa
mampu memahami dan menguasai:
|
||||
31
|
Hukum-hukum Mendel
|
Hereditas
|
Hukum
Mendel Dihibrid
|
XII.IPA
|
32
|
Asal-usul kehidupan
|
Asal
Usul Kehidupan
|
Abiogenesis
dan Biogenesis
|
XII.IPA
|
33
|
Teori evolusi
|
Evolusi
|
Teori
Darwin, Teori Lamarck
|
XII.IPA
|
Siswa
mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
|
||||
34
|
Penyimpangan semu hukum Mendel
|
Hereditas
|
Kriptomeri,
polimeri, hipostasis-epistasis, komplementer, atavisme
|
XII.IPA
|
35
|
Pembentukan gamet
|
Pembelahan
sel
|
gametogenesis
dan sporogenesis
|
XII.IPA
|
36
|
Hereditas manusia
|
Hereditas
|
Hemofilia,
buta warna
|
XII.IPA
|
37
|
Petunjuk/bukti-bukti evolusi
|
Evolusi
|
Homologi
|
XII.IPA
|
Siswa
mampu menggunakan nalar dalam:
|
||||
38
|
Hereditas manusia dalam peta
silsilah
|
Hereditas
|
Pedigree
hemofilia, buta warna, golongan darah
|
XII.IPA
|
39
|
Hubungan antara teori dan prinsip
berdasarkan kasus evolusi
|
Evolusi
|
Kasus-kasus
evolusi oleh Darwin dan Lamarck
|
XII.IPA
|
40
|
Mekanisme evolusi
|
Evolusi
|
Hukum
Hardy-Weinberg
|
XII.IPA
|
0 Komentar