PEMBAHASAN SOAL UN BIOLOGI 2011

SOAL UN BIOLOGI TAHUN 2011





JAWABAN DAN PEMBAHASAN SOAL UN BIOLOGI 2011
1.
A
Siklus hidup cacing pita:
Telur  (pada feses) - Larva - onkosfer (di usus sapi) - sistiserkus (di otot sapi) - termakan oleh manusia menjadi Cacing dewasa (di usus manusia)

2.
C
Ciri-ciri Reptile
(1) Tubuh memiliki sisik
(2) Rangka tersusun oleh endoskeleton
(3) Bertulang belakang
(4) Bernapas dengan paru-paru
(5) Tipe reproduksi ovipar

3.
B
Siklus hidup Lumut:
Protonema (1) berkembang menjadi gametofit, gametofit ini berkembang arkegonium pada betina dan anteredium pada jantan.
Arkegonium menghasilkan ovum, dan anteridium menghasilkan spermatozoid (2).  Ovum dan spermatozoid melebur menjadi zigot.
Zigot berkembang menjadi sporogonium (3), selanjutnya menjadi sporangium penghasil spora.

4.
B
Pembuhan ganda Dikotil:
Inti generatif 1 (3) melebur dengan ovum  (1) menghasilkan embrio.
Inti generatif  2 (4) melebur dengan kandung lembaga sekunder (5) menghasilkan edospermae.
Inti vegetatif (2) akan mati sebelum mencapai bakal biji.

5.
E
Bagian penampang dikotil:
(1) Epidermis untuk perlindungan
(2) Korteks (parenkim) untuk menyimpan makanan
(3) Floem untuk mengangkut hasil fotosintesis
(4) kambium untuk pembelahan sekunder/lateral
(5) Xilem untuk mengangkut air

6.
D
Bagian X adalah mitokondria berfungsi untuk respirasi sel sedangkan bagian Y merupakan sentriol yang berperan dalam pembelaha sel
  
7.
A
Model membran sel mozaik cair.
(1) glikoprotein
(2) glikolipid
(3) glikoprotein
(4) protein integral
(5) protein peripheral
(6) fosfolipid

8.
C
Hutan merupakan bioma yang memiliki keanekaragaman hayati sangat tinggi. Hutan juga merupakan habitat dari beberapa flora dan fauna yang terancam punah. Setiap flora dan fauna memiki peranan yang penting dalam keseimbangan ekosistem. Jika hutan ini dijadikan area industri maka keseimbangan ekosistem terganggu karena hilangnya keanekaragaman hayati.

9.
B
Terdapat dua jenis fofor yaitu fosfor organik (pada tumbuhan dan hewan) dan anorganik (pada air dan tanah). Pada gambar, tanda X menunjukan pengubahan fosfat organik dari siswa hewan mati menjadi fosfat organik PO2

10.
A
Organisme pada tingkat trofik kedua adalah konsumen pertama atau herbivora. Dalam jaring-jaring makanan organisme yang berperan sebagai konsumen pertama adalah kelinci dan ulat.

11.
B
Protozoa digolongkan berdasarkan alat gerak.
(1) bergerak dengan kaki semu maka dimasukan ke kelompok Rhizopoda
(2) bergerak dengan rambut cambuk (flagel) maka termasuk kelompok flagellate
(3) bergerak dengan rambut getar (cilia) maka termasuk kelompok ciliata

12.
E
Volvariella volvace (jamur merang) dapat dimakan, Auricularia polytrica (jamur kuping) dapat dimakan, Aspergillus oryzae untuk pembuatan tempe.

13.
E
Keanekaragaman tingkat gen merupakan keanekaragaman varietas yang ada pada satu spesies. Opsi jawaban yang merupakan keanekaragaman gen adalah kelapa gading, kelapa hybrid, dan kelapa hijau. Ketiga jenis kelapa itu merupakan satu spesies yaitu Cocos nucifera.

14.
E
Anjing, kucing, dan harimau memiliki kekerabatan dekat berdasarkan makanannya yang berupa daging, sehingga dimasukan dalam ordo Karnivora.

15.
A
Petai cina banyak mengandung karbohidrat yaitu 26,2 % (26,2 gram dari 100 gram). Sisanya protein 10,6%, lemak 0,5%, dam lain-lain.

16.
C
Gonadotropin berfungsi mempengaruhi kerja kelenjar kelamin.

17.
C
Bagian X adalah serambi kiri berfungsi menerima darah dari paru-paru, sedangkan bagian Y adalah bilik kiri berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.

18.
B
Kelenjar yang menghasilkan getah yang mengandung NaHCO3, serta enzim lipase amilase, dan tripsinogen adalah pankreas. Pankreas pada gambar ditunjuk nomor 2.

19.
C
Pemasukan udara pernapasan ⟶ inspirasi yang terjadi karena otot antar tulang rusuk luar (pada pernapasan dada) atau otot diafragma (pada pernapasan perut) mengalami konstraksi, tulang rusuk terangkat, tekanan udara paru-paru lebih rendah dan udara masuk.

20.
A
Darah mengalami filtrasi (1) di Glomerulus menghasilkan filtrat primer (X). Kemudian dilanjutkan dengan proses reabsorbsi (2) di tubulus proksimal menghasilkan filtrat sekunder (Y). Selanjutnya mengalami augmentasi (3) di tubulus distal menghasilkan urin sebenarnya.

21.
B
Tempat pembentukan sperma adalah tubulus seminiferus ditunjuk oleh nomor 2. Vasektomi merupakan pengikatan/pemutusan saluran sperma atau vas deferens ditunjukan oleh nomor 1.

22.
B
Lengan dapat bergerak ke segala arah, gerakan ini dimungkinkan karena terdapat sendi peluru antara pangkal lengan dengan gelang bahu. Selain pada pangkal lengan, sendiri peluru juga terdapat pada paha.

23.
C
Fungsi air dalam perkecambahan adalah merangsang metabolisme ambrio di dalam biji.

24.
C
Tahapan ke-5, mRNA yang selesai dicetak akan meninggalkan nukleus menuju ribosom yang terdapat pada sitoplasma untuk melakukan translasi.

25.   
C
Pada gambar menunjukan segregasi kromosom sister, yang menunjukan tahapan anafase.

26.
D
Gen Hitam (H) dominan terhadap putih (h). Perkawinan dua ekor cacing menghasilkan kucing hitam (H –) dan putih (hh) dengan perbandingan 1:1, maka genotip kedua induknya adalahnya HH dan Hh.

27.
A
Warna gandum merah ditentukan M1 dan M2. Didapatkan keturunan 15 merah: 1 putih atau 16 kombinasi genotip, maka kedua genotip parentalnya adalah dominan homozigot. Perhatikan tabel berikut.
P: M1m1M2m2  ><   M1m1m2m2
F:

M1M2
M1m2
m1M2
m1m2
M1M2
M1M1M2M2
(merah)
M1M1M2m2 (merah)
M1m1M2M2 (merah)
M1m1M2m2 (merah)
M1m2
M1M1M2m2 (merah)
M1M1m2m2 (merah)
M1m1M2m2 (merah)
M1m1m2m2 (merah)
m1M2
M1m1M2M2 (merah)
M1m1M2m2 (merah)
m1m1M2M2 (merah)
m1m1M2m2 (merah)
m1m2
M1m1M2m2 (merah)
M1m1m2m2 (merah)
m1m1M2m2 (merah)
m1m1m2m2 (putih)
Rasio keturunan 15 merah : 1 putih

28.
A
Ciri DNA
(1)  dapat membuat duplikasi (replikasi) ketika akan melakukan pembelahan sel
(2)  DNA mengandung informasi genetik dari induknya
(3)  Kadar DNA tetap (kecuali terjadi mutasi), sedangkan RNA tergantung protein yang akan disintesis.
(4)  DNA merupakan rantai ganda, sedangkan RNA rantai tunggal

29.
C
Anak laki-laki hemofilia (XhY) dapat dimungkinkan lahir dari ayah yang normal (XHY) dan ibu yang carier (XHXh).

30.
B
Segmen kromosom U mengalami delesi kemudian terjadi translokasi ke kromosom lain.

31.
B
Kesimpulan dari percobaan Spallanzani adalah mikroba dalam air merupakan kontaminasi dari udara.

32.
C
Keseimbangan genotif menurut Hardy-Weinberg tetap jika terjadi perkawinan secara acak. Opsi C tidak memenuhi persyaratan ini.

33.
A
Homologi merupakan organ-organ yang memiliki bentuk dan fungsi berbeda, tetapi organ-organ tersebut memiliki bentuk dasar (asal mula) yang sama. Misalnya tangan manusia, kaki depan anjing, sayap burung, sayap kelelawar.

34.
E
Grafik menunjukan bahwa enzim bekerja dengan cara menurunkan energi aktifasi dari suatu reaksi, sehingga mengurangi jumlah energi yang diperlukan.

35.
B
Tranpor elektron merupakan tahapan akhir dalam rangkain respirasi seluler: Molekul pertama penangkap elektron adalah flavin mononukleotida (FMN), kemudian berturut-turut protein Fe-S, ubiquinon (Q), sitokrom (Cyst). Terakhir ditangkap oleh oksigen dan membentuk H2O.

36.
A
Berikut reaksi fotosintesis.
6CO2 + 6H2O ----> C6H12O6 +  O2
Reaksi fotosintesis menghasilkan karbohidrat dan gas oksigen. Oksigen ini berasal dari reaksi terang yang merupakan reaksi penguraian (fotolisis) air.

37.
A
Fermentasi membutuhkan tepung (polisakarida) yang diubah oleh ragi menghasilkan gula (disakarida). Gula ini yang kemudian diuraiakan dalam proses glikolisis. Tahapan aikhir menghasilkan alkohol.

38.
D
Dampak negatif dari penerapan teknologi tanaman transgenik adalah pencemaran genetik.

39.
B
Tanaman yang memiliki kemampuan atau daya tahan terhadap serangan hama dan penyakit dibuat dengan teknologi tanaman transgenik. Transgenik dilakukan dengan penyisipan gen bakteri penghasil racun pada tanaman sehingga tanaman jadi kebal hama.

40.
D
Lactobacillus bulgaricus dipakai untuk pembuatan Yoghurt.


Previous
Next Post »
0 Komentar