Ada wacana bahwa kurikulum 2013 kembali digunakan sebagai kurikulum nasional. Untuk itu Bapak/Ibu guru diminta untuk membuat RPP sesuai Kurikulum tersebut. Ketentuan dalam pembuatan RPP disesuaikan dengan Permendikbud No. 103 Tahun 2013 tentang Pembelajaran (Download). Ada bisa membuat RPP tersebut dengan menggunakan Template RPP Kurikulum 2013 (Download).
B. Kompetensi Dasar
Saya sudah membuat RPP sesuai Permendibud No. 103 Tahun 2014 secara lengkap untuk pelajaran Biologi Kelas X, XI, XII. Contoh RPP sebagai berikut:
(RPP)
Madrasah
|
:
|
MAN Kronjo
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI/Ganjil
|
Materi
Pokok
|
:
|
Struktur JaringanTumbuhan dan fungsinya
|
Alokasi
Waktu
|
:
|
8 JP
|
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
kI 4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
KD
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.1
|
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel,
jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.
|
2.1
|
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan
fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen,
berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli
lingkungan, gotong royong,
bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan
proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan
percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
|
3.3
|
Menerapkan konsep tentang keterkaitan
hubungan antara struktur sel pada
jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan hasil
pengamatan.
|
4.3
|
Menyajikan data
tentang struktur anatomi jaringan pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan
untuk menunjukkan pemahaman hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada
tumbuhan terhadap bioproses yang berlangsung pada tumbuhan.
|
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1
|
Mengucapkan kalimat thoyibah ketika menemukan keindahan dan
kompleksitas organ dan fungsi ketika melakukan pengamatan dan kajian sel tumbuhan.
|
2.1.1
|
Menampilkan
sikap teliti dalam melakukan pengamatan dan mencatat data hasil pengamatan.
|
2.1.2
|
Menampilkan
sikap tanggung jawab dalam melakukan pengamatan dan mencatat data hasil
pengamatan.
|
2.1.2
|
Menunjukkan
sikap santun dalam menyampaikan pertanyaan, saran dan kritik.
|
3.3.1
|
Menjelaskan struktur dan fungsi
jaringan tumbuhan
|
3.3.2
|
Menjelaskan jaringan-jaringan
penyusun batang, akar dan daun
|
4.3.1
|
Menyajikan data hasil pengamatan.
|
4.3.2
|
Mempresentasikan data hasil
pengamatan di depan kelas.
|
D.
Deskripsi Materi Pembelajaran
1. Jaringan tumbuhan oleh sel-sel tumbuhan,
kemudian beberapa jaringan tumbuhan akan menyusun organ tumbuhan seperti
batang, akar, dan daun. Perbedaan karakteristik jaringan penyusun organ
tumbuhan menyebabkan perbedaan fungsi organ pada tumbuhan.
2. Jaringan tumbuhan berdasarkan struktur dan
fungsi sel penyusunnya dibagi menjadi:
a. Jaringan Meristem
1) Jaringan meristem primer; Jaringan yang yang
sel-selnya terus membelah (embrionik)
2) Jaringan meristem sekunder
3) Jaringan meristem interkalar
b. Jaringan Dewasa
1) Jaringan Epidermis
2) Jaringan Parenkim
3) Jaringan Kolenkim
4) Jaringan Sklerenkim
5) Jaringan Vaskuler
3. Jaringan-jaringan menyusun organ-organ pada
tumbuhan:
a. Daun
b. Batang
c. Akar
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (4 JP)
Tujuan Pembelajaran:
Melalui discovery peserta didik dapat menjelaskan
struktur tumbuhan dan fungsinya melalui pengamatan dan memperlihatkan sikap
teliti, tanggung jawab, dan santun dalam menyampaikan pertanyaan saran dan
kritik.
LANGKAH
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuuan
|
1.
Membaca doa bersama
2.
Ice
breaking/energizer dengan yel-yel mapel biologi.
3.
Mencek
kehadiran
4.
Apersepsi
dengan
mengungkapkan kembali materi pertemuan sebelumnya kemudian menunjukan bagian
tumbuhan seperti akar, batang, atau daun.
5.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
6.
Tanya jawab
mengenai manfaat yang dapat diperoleh dari pembelajaran.
|
20
|
Inti
|
Simulasi:
Menampilkan gambar/video mengenai struktur
jaringan tumbuhan.
Merumuskan
Pertanyaan:
Brainstroming untuk merumuskan
pertanyaan mengenai struktur jaringan tumbuhan.
Mengumpulkan
data:
Kelas dibagi menjadi 6 kelompok
dengan pembagian tema sebagai berikut.
Kelompok 1: Jaringan Meristem
Kelompok 2: Jaringan Parenkim,
Kelompok 3: Jaringan Kolenkim.
Kelompok 4: Jaringan Sklerenkim
Kelompok 5: Jaringan vaskuler
Kelompok 6: Jaringan Epidermis
Setiap kelompok mengumpulkan
informasi mengenai mekanisme setiap tema .
Mengolah
data
Setiap kelompok
menggunakan informasi yang telah diperoleh untuk merancang dan membuat peta
konsep/poster dalam pada karton.
Verifikasi
Peta konsep/poster yang dirancang
diperlihatkan pada guru dan diperbaiki apabila terdapat kesalahan sesuai
saran guru
Generalisasi
Setiap kelompok atau beberapa
kelompok menampilkan dan mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
Kelompok lain menanggapi dan mengajukan
pertanyaan.
Guru memberikan konfirmasi tambahan
|
15
10
10
60
20
40
|
Penutup
|
1. Merefleksi kegiatan.
2. Memberi tugas untuk menyiapkan bahan praktikum
daun, akar, batang yang masih muda.
3. Merencanakan kegiatan pertemuan berikutnya.
4. Membaca doa
penutup bersama
|
10
|
2. Pertemuan Kedua (4 JP)
Tujuan Pembelajaran:
Melalui praktikum
siswa dapat menjelaskan jaringan-jaringan penyusun organ batang, akar dan daun
melalui pengamatan dan memperlihatkan sikap teliti, tanggung jawab, dan santun
dalam menyampaikan pertanyaan saran dan kritik.
LANGKAH
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuuan
|
1. Membaca doa
bersama
2. Ice
breaking/energizer.
3. Mencek
kehadiran
4. Apersepsi: Mengulas
kegiatan sebelumnya
5. Menyampaikan rencana
kegiatan.
|
10
|
Inti
|
Simulasi
Guru
menampilkan organ batang, daun, atau akar dan mengarahkan siswa bertanya
tentang penyusun dari organ tersebut.
Merumuskan
Pertanyaan:
Brainstroming untuk merumuskan
pertanyaan mengenai jaringan penyusun
organ tumbuhan.
Mengumpulkan
data:
Siswa dalam kelompok melakukan
praktikum tentang pengamatan:
Preparat akar dan preparat akar
segar
Preparat batang dan preparat akar
segar
Preparat daun dan preparat daun
segar
Mengolah
data
Siswa menggambarkan hasil pengamatan
serta menunjukan bagian-bagiannya.
Verifikasi
Hasil pengamatan berupa gambar
diperlihatkan kepada guru, dan siswa memperbaikinya jika terdapat kesalahan
sesuai saran guru.
Generalisasi
Perwakilan kelompok menampilkan dan
mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
Kelompok lain menanggapi dan
mengajukan pertanyaan.
Guru memberikan konfirmasi tambahan
|
20
20
90
30
50
|
Penutup
|
1. Guru mengajak
siswa untuk merefleksi apa yang telah dilakukan dalam pertemuan ini.
2. Membagikan lembar tugas
3. Bersama-sama
menutup pembelajaran dengan membaca hamdallah.
|
10
|
F. Penilaian, Pembelajaran Remedian dan Pengayaan
1. Teknik penilaian
a. Sikap: observasi dan
jurnal
b. Pengetahuan: Tes tulis
c. keterampilan: Produk
2. Instrument
1. Pertemuan Pertama
2. Pertemuan Kedua
3. Pertemuan Seterusnya
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
G. Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Jika Anda ingin mendapatkan RPP Kurikulum 2013 Pelajaran Biologi secara lengkap sesuai Permendikbud No. 103 Tahun 2014, mohon kirim permintaan ke abdulshadamaziz@gmail.com. Maaf tidak saya publish semua karena menjaga orisinalitas, hehehe... Atau jika pengen dibantu pembuatan RPPnya sesuai model dan metode pembelajaran yang Anda inginkan juga boleh..
0 Komentar