FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 SESUAI PERMENDIKBUD NO. 103 TAHUN 2014

Ada wacana bahwa kurikulum 2013 kembali digunakan sebagai kurikulum nasional. Untuk itu Bapak/Ibu guru diminta untuk membuat RPP sesuai Kurikulum tersebut. Ketentuan dalam pembuatan RPP disesuaikan dengan Permendikbud No. 103 Tahun 2013 tentang Pembelajaran (Download). Ada bisa membuat RPP tersebut dengan menggunakan Template RPP Kurikulum 2013 (Download).

Saya sudah membuat RPP sesuai Permendibud No. 103 Tahun 2014 secara lengkap untuk pelajaran Biologi Kelas X, XI, XII. Contoh RPP sebagai berikut:


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah
:
MAN Kronjo
Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XI/Ganjil
Materi Pokok
:
Struktur JaringanTumbuhan dan fungsinya
Alokasi Waktu
:
8 JP

A. Kompetensi Inti
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
kI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar
KD
KOMPETENSI DASAR
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.
2.1
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
3.3
Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur  sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan.
4.3
Menyajikan data tentang struktur anatomi jaringan pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan untuk menunjukkan pemahaman hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan terhadap bioproses yang berlangsung pada tumbuhan.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Mengucapkan kalimat  thoyibah ketika menemukan keindahan dan kompleksitas organ dan fungsi ketika melakukan pengamatan  dan kajian sel tumbuhan.
2.1.1
Menampilkan sikap teliti dalam melakukan pengamatan dan mencatat data hasil pengamatan.
2.1.2
Menampilkan sikap tanggung jawab dalam melakukan pengamatan dan mencatat data hasil pengamatan.
2.1.2
Menunjukkan sikap santun dalam menyampaikan pertanyaan, saran dan kritik.
3.3.1
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
3.3.2
Menjelaskan jaringan-jaringan penyusun batang, akar dan daun
4.3.1
Menyajikan data hasil pengamatan.
4.3.2
Mempresentasikan data hasil pengamatan di depan kelas.

D.      Deskripsi Materi Pembelajaran
1.   Jaringan tumbuhan oleh sel-sel tumbuhan, kemudian beberapa jaringan tumbuhan akan menyusun organ tumbuhan seperti batang, akar, dan daun. Perbedaan karakteristik jaringan penyusun organ tumbuhan menyebabkan perbedaan fungsi organ pada tumbuhan.
2.   Jaringan tumbuhan berdasarkan struktur dan fungsi sel penyusunnya dibagi menjadi:
a.  Jaringan Meristem
1)  Jaringan meristem primer; Jaringan yang yang sel-selnya terus membelah (embrionik)
2)   Jaringan meristem sekunder
3)   Jaringan meristem interkalar
b.  Jaringan Dewasa
1)   Jaringan Epidermis
2)   Jaringan Parenkim
3)   Jaringan Kolenkim
4)   Jaringan Sklerenkim
5)   Jaringan Vaskuler
3.   Jaringan-jaringan menyusun organ-organ pada tumbuhan:
a. Daun
b. Batang
c. Akar

         E. Kegiatan Pembelajaran
1.  Pertemuan Pertama (4 JP)
Tujuan Pembelajaran:
Melalui discovery peserta didik dapat menjelaskan struktur tumbuhan dan fungsinya melalui pengamatan dan memperlihatkan sikap teliti, tanggung jawab, dan santun dalam menyampaikan pertanyaan saran dan kritik.

LANGKAH
KEGIATAN
WAKTU
Pendahuuan
1.       Membaca doa bersama
2.       Ice breaking/energizer dengan yel-yel mapel biologi.
3.       Mencek kehadiran
4.       Apersepsi dengan mengungkapkan kembali materi pertemuan sebelumnya kemudian menunjukan bagian tumbuhan seperti akar, batang, atau daun.
5.       Menyampaikan tujuan pembelajaran.
6.       Tanya jawab mengenai manfaat yang dapat diperoleh dari pembelajaran.
20
Inti
Simulasi:
Menampilkan gambar/video mengenai struktur jaringan tumbuhan.

Merumuskan Pertanyaan:
Brainstroming untuk merumuskan pertanyaan mengenai struktur jaringan tumbuhan.

Mengumpulkan data:
Kelas dibagi menjadi 6 kelompok dengan pembagian tema sebagai berikut.
Kelompok 1: Jaringan Meristem
Kelompok 2: Jaringan Parenkim,
Kelompok 3: Jaringan Kolenkim.
Kelompok 4: Jaringan Sklerenkim
Kelompok 5: Jaringan vaskuler
Kelompok 6: Jaringan Epidermis

Setiap kelompok mengumpulkan informasi mengenai mekanisme setiap tema .

Mengolah data
Setiap kelompok menggunakan informasi yang telah diperoleh untuk merancang dan membuat peta konsep/poster dalam pada karton.

Verifikasi
Peta konsep/poster yang dirancang diperlihatkan pada guru dan diperbaiki apabila terdapat kesalahan sesuai saran guru

Generalisasi
Setiap kelompok atau beberapa kelompok menampilkan dan mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
Kelompok lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan.
Guru memberikan konfirmasi tambahan

15




10





10











60



20




40
Penutup
1.  Merefleksi kegiatan.
2.  Memberi tugas untuk menyiapkan bahan praktikum daun, akar, batang yang masih muda.
3.  Merencanakan kegiatan pertemuan berikutnya.
4.  Membaca doa penutup bersama
10

2.  Pertemuan Kedua (4 JP)
     Tujuan Pembelajaran:
Melalui praktikum siswa dapat menjelaskan jaringan-jaringan penyusun organ batang, akar dan daun melalui pengamatan dan memperlihatkan sikap teliti, tanggung jawab, dan santun dalam menyampaikan pertanyaan saran dan kritik.

LANGKAH
KEGIATAN
WAKTU
Pendahuuan
1.  Membaca doa bersama
2.  Ice breaking/energizer.
3.  Mencek kehadiran
4.  Apersepsi: Mengulas kegiatan sebelumnya
5.  Menyampaikan rencana kegiatan.
10
Inti
Simulasi
Guru menampilkan organ batang, daun, atau akar dan mengarahkan siswa bertanya tentang penyusun dari organ tersebut. 

Merumuskan Pertanyaan:
Brainstroming untuk merumuskan pertanyaan mengenai  jaringan penyusun organ tumbuhan.

Mengumpulkan data:
Siswa dalam kelompok melakukan praktikum tentang pengamatan:
Preparat akar dan preparat akar segar
Preparat batang dan preparat akar segar
Preparat daun dan preparat daun segar


Mengolah data
Siswa menggambarkan hasil pengamatan serta menunjukan bagian-bagiannya.

Verifikasi
Hasil pengamatan berupa gambar diperlihatkan kepada guru, dan siswa memperbaikinya jika terdapat kesalahan sesuai saran guru.

Generalisasi
Perwakilan kelompok menampilkan dan mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
Kelompok lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan.
Guru memberikan konfirmasi tambahan

20





20



90







30







50
Penutup
1.  Guru mengajak siswa untuk merefleksi apa yang telah dilakukan dalam pertemuan ini.
2.  Membagikan lembar tugas
3.  Bersama-sama menutup pembelajaran dengan membaca hamdallah.
10 
            
            F.   Penilaian, Pembelajaran Remedian dan Pengayaan
1.  Teknik penilaian
a. Sikap: observasi dan jurnal
b. Pengetahuan: Tes tulis
c. keterampilan: Produk
2.  Instrument
1. Pertemuan Pertama
2. Pertemuan Kedua
3. Pertemuan Seterusnya
3.  Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
             
            G.   Media, Alat, Bahan dan Sumber Belajar
        

            Jika Anda ingin mendapatkan RPP Kurikulum 2013 Pelajaran Biologi secara lengkap sesuai Permendikbud No. 103 Tahun 2014, mohon kirim permintaan ke abdulshadamaziz@gmail.com. Maaf tidak saya publish semua karena menjaga orisinalitas, hehehe... Atau jika pengen dibantu pembuatan RPPnya sesuai model dan metode pembelajaran yang Anda inginkan juga boleh.. 



Previous
Next Post »
0 Komentar