Peran Pelaku Ekonomi

Peran Pelaku Ekonomi


Peran rumah tangga konsumen

Dalam suatu perekonomian, masing-masing pelaku memiliki peran yang penting dan saling berhubungan dengan pelaku ekonomi lainnya. Peran dan kegiatan rumah tangga konsumen dalam perekonomian adalah sebagai berikut :

RTK berperan sebagai penyedia faktor produksi.
RTK menyediakan sumber daya ekonomi yang dibutuhkan dan digunakan oleh produsen untuk menghasilkan barang dan jasa. Sumber daya ekonomi atau faktor produksi yang dimaksud dapat berupa tanah (sumber daya alam), tenaga kerja, modal dan keahlian.

RTK berperan sebagai penerima imbalan atas faktor produksi.
Atas penyediaan faktor produksi, RTK meneriman sejumlah imbalan dari perusahaan. Imbalan tersebut dapat berupa upah, sewa, modal atau laba. Apabila RTK menyediakan jasa tenaga kerja kepada perusahaan, maka imbalan yang diterima disebut upah. Jika RTK menyewakan sumber daya alam seperti tanah kepada perusahaan, maka imbalan yang diterima disebut sewa. Sedangkan jika RTK menyediakan sejumlah modal untuk kegiatan produksi, maka imbalan yang diterima adalah bunga. Laba adalah imbalan atas keahlian yang dimiliki RTK untuk kegiatan perusahaan.

RTK berperan sebagai pengguna barang dan jasa hasil produksi.
Konsumen adalah pihak yang melakukan kegiatan konsumsi. Konsumsi adalah kegiatan menghabiskan nilai guna suatu barang, baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus. Barang atau jasa yang dihasilkan oleh setiap perusahaan, selain untuk mencari keuntungan juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Ketika output yang dihasilkan perusahaan tidak digunakan atau tidak dinikmati oleh konsumen, maka akan menjadi kendala bagi perusahaan dan pelaku ekonomi lainnya, karena di dalam perekonomian yang baik terdpat interaksi dan hubungan timbal balik antar pelaku ekonominya.

RTK berperan sebagai sumber pendapatan bagi perusahaan.
Untuk mendapatkan barang dan jasa hasil produksi, RTK harus mengeluarkan sejumlah biaya. Pengeluaran yang dilakukan RTK untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan, merupakan penerimaan perusahaan, sebagai bentuk hasil penjualannya.

RTK berperan sebagai wajib pajak.
Sebagai wajib pajak, artinya konsumen wajib membayar pajak dan sejumlah biaya lainnya kepada pemerintah, Seperti pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan, retribusi dan lainnya.


Peran rumah tangga produsen (RTP)/perusahaan

Peran dan kegiatan rumah tangga produsen adalah sebagai berikut :

RTP sebagai pengguna faktor produksi
RTP atau perusahaan menggunakan sejumlah faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen.

RTP sebagai pemberi imbalan atas penggunaan faktor produksi yang disediakan RTK,
Karena RTP telah menggunakan faktor produksi, maka sebagai bentuk kewajibannya RTP memberikan imbalan kepada RTK.

RTP sebagai penghasil barang dan jasa
Rumah tangga produsen (RTP) atau perusahaan adalah pelaku ekonomi yang kegiatan utamanya adalah menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Penerima pendapatan atas hasil penjualan output perusahaan
Perusahaan memproduksi dan menjual sejumlah barang dan jasa kepada pelaku ekonomi lainnya. Untuk mendapatkan barang dan jasa hasil produksi, pelaku ekonomi lainnya harus mengeluarkan sejumlah biaya. Biaya tersebut merupakan penerimaan bagi perusahaan, sebagai bentuk hasil usahanya.

RTK berperan sebagai wajib pajak.
Sama halnya dengan konsumen, perusahaan juga wajib membayar pajak dan sejumlah biaya lainnya kepada pemerintah, Seperti pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan, retribusi dan lainnya.

Sebagai agen pembangunan
Rumah tangga produsen berperan membantu pemerintah dalam kegiatan pembangunan. Selain memenhui kebutuhan masyarakat, RTP membuka lapangan pekerjaan, membangun infrastruktur dan menyejahterakan karyawannya.

Peran pemerintah

Dalam suatu perekonomian, pemerintah berpean sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi suatu wilayah atau negara.
Peran pemerintah sebagai pelaku adalah sebagai berikut :

Sebagai produsen
Kegiatan pemerintah sebagai produsen yaitu :

  • Mendirikan berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
  • Mengelola kekayaan alam yang menguasai hajat hidup masyarakat. 
  • Membangun sarana dan prasarana umum, seperti jalan raya, jembatan, rumah sakit, sekolah dan lain sebagainya.


Sebagai konsumen
Kegiatan pemerintah sebagai konsumen yaitu menggunakan berbagai barang hasil produksi dan layanan perusahaan untuk menyelenggarakan pemerintahan.

Sebagai distributor (penyalur)
Kegiatan distribusi yang dilakukan pemerintah diantaranya melakukan distribusi pendapatan kepada masyarakat, seperti tunjangan pendidikan, dana pensiun dan lain sebagainya. Selain itu, pemerintah berperan menyalurkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat, seperti menyalurkan bensin melalui PT Pertamina, menyalurkan listrik melalui PLN dan lain sebagainya.

Sebagai pengatur (regulator)
Kegiatan pemerintah sebagai regulator adalah mengatur lalu lintas perekonomian dalam negeri untuk menjaga stabilitas ekonomi. Menjaga stabilitas ekonomi dilakukan melalui perundang-undangan, menetapkan kebijakan fiskal, kebijakan moneter, kebijakan proteksi dan menetapkan harga eceran suatu barang.

Peran masyarakat luar negeri

Dalam perekonomian suatu negara, peran masyarakat luar negeri adalah sebagai berikut :

Sebagai eksportir
Melalui perdagangan internasional dalam perekonomian terbuka atau empat sektor, masyarakat luar negeri dapat menjual barang hasil produksinya ke dalam suatu negara tertentu. Apabila masyarakat luar negeri sebagai eksportir (penjual barang ke negara lain), maka kita berperan sebagai importir (pihak yang membeli barang dari luar negeri).

Sebagai importir
Melalui perdagangan internasional dalam perekonomian terbuka atau empat sektor, masyarakat luar negeri dapat membeli barang dari suatu negara tertentu. Apabila masyarakat luar negeri sebagai importir (pembeli barang dari negara lain), maka kita berperan sebagai eksportir (pihak yang menjual barang ke luar negeri).

Sebagai investor
Masyarakat luar negeri berperan sebagai penanam modal untuk kegiatan perekonomian di suatu negara tertentu.


Sebagai kreditor (pihak yang meminjamkan dana)
Dengan menjalin hubungan baik dengan negara lain, pemerintah dapat memperoleh pinjaman untuk membiayai pembangunan dalam negeri.

Pengalih teknologi
Melalui hubungan internasional, dapat dilakukannya alih teknologi dan pengiriman tenaga ahli yang sangat membantu dalam kelancaran kegiatan ekonomi suatu negara.

Previous
Next Post »
0 Komentar