Ciri-ciri dan Reproduksi Fungi (Jamur)

Ciri-ciri Fungi

Fungi merupakan organisme eukariotik yang tersebar luas dan memiliki keanekaragaman yang tinggi. Ciri-ciri fungi adalah sebagai berikut:

  1. Organisme heterotof yang memanfaatkan bahan organik untuk sumber energi dan sumber karbon untuk pembentukan tubuhnya.
  2. Tidak memiliki  klorofil
  3. Tubuh jamur terdiri dari benang-bennag halus yang disebut hifa. Hifa membentuk suatu anyaman yang disebut miselium. Hifa dibagi menjadi sel-sel oleh sekat/septum.
  4. Sebagian besar jamur merupakan  organisme bersel banyak (multiseluler), kecuali khamir (ragi) yang bersel tunggal.
  5. Fungi mempunyai komponen dinding sel yang mengandung kitin dan glukan. Dinding sel berbeda dengan tumbuhan karena tidak mengandung selulosa.
  6. Fungi dapat hidup sebagai saprofit maupun parasit. Sebagai saprofit fungi berperan dalam menguraikan molekul kompleks dari sisa tumbuhan maupun hewan menjadi molekul sederhana dan dikembalikan ke tanah, sehingga mampu meningkatkan kesuburan tanah. Sedangkan sebagai parasit fungi menimbulkan penyakit pada tumbuhan, hewan, dan manusia
Jamur dan strukturnya
Jenis hifa (bersekat dan tak bersekat)

Reproduksi Fungi

Fungi dapat bereproduksi secara aseksual maupun secara seksual. Secara aseksual dengan menggunakan spora misalnya spora dari konidia. Pada khamir terjadi reproduksi aseksual yang berbeda. Khamir melakukan reproduksi dengan pertunasan. Secara seksual dengan plasmogami penyatuan sitoplasma dari dua miselium induk.

Previous
Next Post »
0 Komentar