Kamu Malas Belajar? Ini Cara Menghindarinya

Malas.. Malas.. Malas... Malas sering sekali kita dengar, mulai dari kata hati sampai kata teman. Hehehe. Jika kita akan menghadapi hal-hal tertentu misalnya ujian, ulangan, ibadah pasti kita terhadang dengan kata malas. Malas akan berbanding lurus dengan tantangan. Padahal dibalik tantangan itu ada masa depan yang kita dambakan.
Kita melihat dan mengagumi saat melihat sosok orang-orang sukses, dan seketika itu khayalan mulai beraksi. "Coba saya kaya gitu yah?!". Kita bisanya ingin sukses tapi tak ingin berusaha keras. Hidup masih kalah melawan malas.

Bagaimana cara mengusir malas? Berikut tips membuang malas yang bisa Kamu coba.

Gali Lagi Keinginan Kamu

Apa keinginan kamu bersekolah? Sebatas mencari teman kah? Jika hanya ingin mencari teman tak perlu capek-capek pergi ke sekolah, di kampung kamu tentu banyak orang bisa dijadkan teman?
Apa ingin memudahkan kamu mendapat pekerjaan kedepannya? Jika iya, buat surat pengunduran diri dari sekolah, buatlah surat lamaran pekerjaan, kamu akan menemukan pekerjaan, entah dibayar atau tidak. hehe  Tentunya kamu bisa mendapatkan pekerjaan layak jika memliki Ijazah dan keterampilan memadai bukan?
kamu tetap harus belajar untuk mewujudkan keinginan di masa depan.
Renungkanlah, "Apa keuntungan jika kamu malas? Tugas akan menumpuk, hidup tak akan tenang, ujung-ujungnya cari pelarian dan kesenangan baru, dan akhirnya sekolah kamu akan berantakan.

Pahamilah Arti "Kesulitan"

Malas bisa muncul karena kamu merasa sulit melakukan sesuatu. Kamu akan sering berkata "sulit" sebelum mencoba. Ketika kamu dihadapkan 1 soal ulangan saja, mudah kamu mengatakan "sulit".
Kamu tahu bahwa soal itu sulit dari mana? Apa sudah mencoba memecahkan masalah itu?
Bukan kah kehidupan ini sulit, bahkan saat Ibumu mengandung dan melahirkan kamu, sangat luar biasa kesulitan yang ia hadapi. Masa iya ketika kamu besar, sudah menyerah dan mengatakan "sulit".
Hidup itu sulit, tapi bukan berarti tidak ada kemudahan, Dalam belajar pun seperti itu, kamu akan mendapatkan kesulitan.
Kamu harus berkomitmen bahwa kamu bisa. Mulailah ambil buku, pelajari sebisa mungkin. Kamu jangan kalah dengan perasaan, Di awal kamu memang butuh penyesuaian, itu tidak masalah. Sedikit-sedikit saja mencoba memahami pelajaran, hal terpenting adalah dilakukan terus menerus.

Baca juga: Cara Membangun Kebiasaan Belajar

Lakukan Hal Kecil Bermanfaat.

Kamu tentu punya hobi atau minat tertentu misalnya mengelola bisnis, berkebun, bernyanyi, melukis, berolah raga. Lakukanlah tiap hari secara kontinyu, Pekerjaan sangat lah mudah karena sesuai keinginan kamu. Dalam satu bulan pertama, targetkan 15 hari kamu harus mengerjakan hal ini, bulan depan targetkan 20 hari. Kerika kamu sudah mampu mempertahankan aktivitas harianmu, kamu sudah terlatih menjadi disiplin, bahkan dalam hal belajarmu akan sangat memudah mengatur waktu.

Malas bisa menimpa siapa saja, maka waspadalah. hehe.. Semoga kita semua terhindar dari kebiasaan malas, dan tetap bersemangat dalam melakukan kebaikan. Artikel di atas bisa kamu coba, dan semoga bermanfaat dan kamu berhasil.



Previous
Next Post »
0 Komentar