Pasar Dalam Perekonomian

Pengertian pasar

Secara umum, pasar adalah tempat atau kegiatan bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual dan beli. Dalam ilmu ekonomi, pasar tidak hanya diidentikkan dengan bangunan atau lapangan terbuka sebagai tempat para penjual menawarkan berbagai jenis barang dan jasa, penggunaan internet dan telekomunikasi dalam melakukan transaksi jual beli, seperti bisnis online juga merupakan salah satu bentuk pasar, yaitu pasar abstrak. Suatu tempat dapat dikatakan pasar, jika memenuhi syarat-syarat berikut :

  • Terdapat calon penjual dan pembeli
  • Terdapat barang atau jasa baik nyata maupun hanya sekadar contoh atau gambar yang akan diperjualbelikan.
  • Terjadi interaksi antara penjual dan pembeli baik secara langsung, maupun tidak langsung.

Peran pasar dalam perekonomian

Pasar memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan roda perekonomian. Pasar menjadi tempat transaksi bagi para pelaku ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan tertentu.

  • Bagi produsen, pasar menjadi tempat untuk mendapatkan faktor produksi yang dibutuhkan untuk menghasilkan barang dan jasa. Selain itu, pasar menjadi tempat bagi produsen untuk menawarkan berbagai produknya.
  • Bagi konsumen, pasar merupakan tempat untuk mendapatkan barang dan jasa kebutuhan sehari-hari. Selain itu, pasar menjadi tempat untuk menawarkan faktor produksi yang dimiliki kepada produsen atau perusahaan untuk memperoleh pendapatan.
  • Bagi pemerintah pasar sebagai sarana untuk menyalurkan berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat usaha mikro. Pasar merupakan peluang usaha bagi masyarakat sehingga dapat mengurangi pengangguran.
  • Bagi masayarakat luar negeri, pasar adalah tempat untuk menjual produk-produk yang berasal dari luar negeri. Bagi wisatawan asing, pasar merupakan tempat untuk mendapatkan berbagai kebutuhan barang dan jasa ketika berada di suatu negara tertentu.

Berdasarkan peranan pasar di atas, pasar memiliki fungsi sebagai berikut :

  • Fungsi pembentuk harga. Pasar adalah tempat terjadi transaksi jual beli. Kegiatan jual beli tidak akan terjadi, jika tidak ada harga keseimbangan. Harga keseimbangan adalah harga kesepakatan antara penjual dan pembeli akan suatu barang dan jasa.
  • Fungsi promosi. Pasar menjadi tempat bagi para produsen untuk memperkenalkan dan menjual produknya kepada masyarakat. 
  • Fungsi distribusi. Melalui kegiatan jual beli, pasar memperlancar saluran distribusi. Barang hasil produksi bisa sampai ke tangan konsumen melalui perantara pasar.

Peran pasar dalam perekonomian
Transaksi jual beli di pasar

Bentuk pasar

Pasar dikelompokkan menjadi beberapa bentuk, yaitu berdasarkan barang yang diperjualbelikan, berdasarkan sifat, berdasarkan hubungan dengan proses produksi, berdasrkan wilayah dan waktu.

Berdasarkan barang yang diperjualbelikan
1) Pasar barang konsumsi
Pasar barang konsumsi adalah pasar yang memperjualbelikan barang-barang siap pakai. Seperti pasar buah, pasar kue, toko sepatu dan pakaian.
2) Pasar barang produksi (input)
Pasar barang produksi adalah pasar yang memperjualbelikan barang untuk kebutuhan produksi (faktor produksi). Contoh pasar modal, pasar mesin dan peralatan produksi, pasar tenaga kerja.

Berdasarkan sifat pasar

  • Pasar konkret. Pasar konkret atau pasar nyata merupakan pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung. Barang yang diperjualbelikan di pasar ini berwujud dan langsung berpindah tangan setelah terjadi transaksi. Contoh pasar tradisional.
  • Pasar abstrak. Pasar abstrak adalah pasar di mana penjual dan pembeli bertemu secara tidak langsung. Penjual dan pembeli di pasar ini biasanya berinteraksi secara online dan melalui telepon. Barang yang dipamerkan di pasar ini, umumnya hanya berupa contoh. Salah satu contoh dari pasar abstrak adalah pasar online. 


Berdasarkan hubungan dengan proses produksi

  • Pasar output. Pasar output adalah pasar yang memperjualbelikan barang hasil produksi. Penawaran pada pasar ini dilakukan oleh produsen kepada konsumen. Contoh toko sepatu, pakaian dan telepon.
  • Pasar input. Pasar input adalah pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi. Penawaran pada pasar ini dilakukan oleh konsumen kepada produsen. Contoh bursa tenaga kerja, pasar modal.


Berdasarkan wilayah

  • Pasar lokal. Pasar lokal adalah pasar di mana penjual dan pembeli berasal dari satu daerah (lokal). Pasar ikan di perkampungan nelayan.
  • Pasar nasional. Pasar nasional adalah pasar yang jangkauannya mencakup seluruh wilayah suatu negara. Contoh Bursa Efek Indonesia.
  • Pasar internasional. Pasar internasional adalah pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai negara. Contoh pasar tembakau di Jerman, dan AFTA.


Berdasarkan waktu

  • Pasar harian. Pasar harian dalah pasar yang diselenggarakan setiap hari. Contoh pasar Tanah Abang di Jakarta.
  • Pasar mingguan. Pasar mingguan adalah pasar yang diselenggarakan setiap satu minggu sekali. Contoh, pasar ceplak di Tangerang yang diadakan setiap hari rabu.
  • Pasar tahunan. Pasar yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali. Contoh, kegiatan jual beli yang dilakukan pada saat perayaan hari besar, seperti pasar makam salak yang ada di daerah Tangerang pada saat hari raya idul fitri. 
  • Pasar temporer. Pasar temporer adalah pasar yang terjadi pada waktu yang tidak tentu. Contoh Bazar dan pasar kaget.


Previous
Next Post »
0 Komentar